Senin, 12 November 2007

FINAL KMB.....




Akhirnya selesai juga pembelajaran KMB tingkat 2. Lumayan............, yang kita harapkan hampir semua kompetensi tercapai. Sebenarnya yang kita mau dari pembelajaran KMB adalah konsep mengenal dan menterjemahkan kasus, serta berargumen dengan menggunakan landasan yang kuat. Jadi dalam berargumen mahasiswanya menggunakan penyataan yang sesuai dengan buku. jadi tidak asal bunyi saja. Dari 2 kelas yang saya bina, terdapat keunikan-keunikan tersendiri yang menjadi sorotan dalam pembelajaran. Pertama, tentu saja kelas A. Kelas A, yang notabene "ceunah" mempunyai kemampuan intelektual lebih, mereka mempunyai kelebihan dalam pembahasan dan kedalaman materi. Mereka lebih mampu mengeksplorasi kasus, dan lebih dapat memetakan pikirannya, dan semua target pembelajaran tercapai dengan sempurna, bahkan lebih. Kesiapan pembelajaran lebih sempurna, kemandirian sudah tercipta dsb.Tapi ya begitulah, resiko menjadi orang yang lebih pintar katanya, semakin pintar semakin banyak tuntutan, semakin banyak negoisasi, dan tawar menawar, yang saya takutkan merupakan refleksi egoisme seorang remaja yang berlebihan. Terlihat sekali konsep ego yang tinggi di kelas ini. Dan ini sangat wajar sekali melihat konsep perkembangan emosionalnya yang sesuai dengan tingkatan umur. Please deh, baca buku Psikologi Perkembangan Hurlock biar lebih ngeh


Bertolak belakang dengan kelas A, kelas B yang kekurangan utama nya di tahapan intelektual, mereka bisa lebih fun, lebih "nrimo" dan yang utama lebih sabar........sehingga, ketika perasaan yang terkait dengan ego tersebut tidak begitu tinggi, enak bagi dosennya untuk membina. Nurut.....sekali. Ditambah lagi lucu, ada maskot yang jadi bahan kekeyakan, terutama waktu membahas masalah odem anasarka he...3x dan selanjutnya......yang saya rasakan jelas, dari tingkat sopan santun, kelas B lebih unggul dari kelas A. Hanya saja ketika dihadapkan ke dalam tujuan pembelajaran sesungguhnya, faktor intelektual dapat menjadi kendala yang utama di dalamnya, apalagi kalau ditambah dengan kebiasaan-kebiasaan umum mahasiswa indonesia, seperti males, hura-hura, bobogohan terus....dsb. Kayaknya gak afdol deh kalo jadi mahasiswa itu rajin :-p


By the way, konsep pembandingan disini lebih dimaksudkan untuk refleksi diri dan mencari solusi. Alangkah baiknya apabila kelebihan-kelebihan yang telah ada dapat dimaksimalkan, kekurangan yang ada harus di minimalisir dan dicari pemecahannya. Bagi kelas A menurut mr x, harus lebih banyak belajar lebih bisa menurunkan konsep ego mereka yang begitu tinggi, konsep mementingkan diri sendiri, terlalu mengandalkan orang lain, karena hal ini bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. dan bagi kelas B menurut mbah Darmo, dimana kekurangan utama adalah masalah "brain", yang mutlak harus dilakukan adalah belajar, belajar dan belajar. Belajar lebih giat, belajar lebih keras, belajar belajar dan belajar. kalahkan rasa malas dan rasa rendah diri, kurangi main-main, serta perasaan tidak yakin pada kemampuan diri sendiri. Insya Allah bisa sukses .....mudah-mudahan.


So....bagaimana dengan dosennya.???? Saya merasa banyak sekali pengalaman berharga ketika mencoba mengaplikasikan konsep yang "utuh" seperti ini. Kenapa utuh??????? lebih dikhususkan karena belajar menjadi dosen disini adalah mencoba untuk mengaplikasikan konsep secara utuh antara mendidik dan mengajar, Teaching and Caring serta mengkolaborasikannya. Jadi konsepnya utuh, ada mengajarnaya, perhatiannya, kasih sayang, memfasilitasi di gabung jadi satu (Kaya bala-bala aja). Dan hal ini tentu saja sangat berbeda jauh bila hanya dengan menjadi "tamu sesaat" misalnya saat mengajar beberapa konsep di akbid. Datang ke kelas, presentasi sebentar, bari ngeceng (selama belum di larang) :-), evaluasi....terus....sudah. Tanpa yang lainnya. Mau ngerti mau nggak itu bukan urusan utama, yang penting kita memberikan perfomance yang terbaik di depan mahasiswa. Akan tetapi, pembelajaran KMB dengan sistem running seperti ini, menuntut dosen untuk mengenal berbagai pribadi yang ada dalam bimbingannya. Dan tentu saja dalam menjalankan itu, saya masih masih masih dan masih banyak sekali kekurangan. Banyak sekali faktor yang ada, baik dari segi usia, pengalaman kerja dan mungkin faktor pendewasaan. Di mana "urang nu baheula" hanya seorang mahasiswa yang imut dan lucu " gendut maksudna, :-p, harus bermetamorfosis secara langsung menjadi seorang dosen yang dituntut Full Capacity, sebagai fasilitator yang dapat bekerja dengan baik.


Dan pada akhirnya, kegiatan saya mengajar KMB selama 1 semester ini merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga. Begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan. Belajar sabar ketika ada mahasiswa yang berbuat curang, belajar menutup mata ketika ngeliat mahasiswi terus yang ada di otak malah mikir "duh geulis euy" :-p, Belajar nahan diri gara-gara mikirin kho ping hoo yang belum selesai di baca di rumah, penasaran ma ceritanya, Belajar tetep konsentrasi walau perut lapar gara-gara kuliah pagi banget, rumah jauh belum sempet sarapan....emang apa aja yang dikerjain di rumah Woi...dan yang paling utama belajar untuk terus belajar meningkatkan kemampuan diri yang masih-masih sangat kurang sekali bila dibandingkan dengan teman-teman dosen senior di perguruan tinggi Aisyiyah. And Selanjutnya..., narik nafas heula, Terima kasih buat Aisyiyah atas segala fasilitas yang dimilikinya. "Sudah terhitung lengkap lho". Terima kasih atas bantuan dan bimbingan suhu dan subo di perguruan Aisyiyah ini. terakhir buat teman-teman mahasiswa selalu sukses untuk anda, be happy and honest person, always. keep expand ur ability (lagi coba nulis inggris nih buat latihan IELTS)...C U................




nb: selesai nulis ini, jangan lupa pulang ke rumah, mandi, shalat, nyiapin modul buat lab tk. 2, ngasih makan kucing, ngawasin belajar adek, baca buku, nelpon eneng, "kapan nonton Get Merit, kalo ga ujan, sibuk yahhhhhh"Ya Aloh berilah kemudahan dan kekuatan untuk hambamu ini,......banyak euy

2 komentar:

Hendra Scuhtzstaffel mengatakan...

pa kalo si malik baca blog ieu bakal ngambek tah,he,he,he

malik ganteng mengatakan...

pak blogna hapus!da maskot di kls b mah si komo bukan sy! jangan mencemarkan nama baik sy! nanti pamor sy turun! GANTI PA KLO GA HAPUS! nanti bs sy tuntut dengan kasus pencemaran nama baik! segera ganti jgn lupa! nanti nama baik bp jg bisa tercemar!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!