Rabu, 06 Februari 2008

Kebiasaan Aneh yang Menguntungkan,,,,,

Akhirnya beres juga baca buku "change" nya renald kasali. lumayan, tambah lagi pengetahuan. ditengah kesibukan yang ada (kayak orang penting aja he...3x). Masih adaptasi nih ma dunia kerja, masih belajar membagi waktu dengan lebih baik. Memang berbicara tentang membaca merupakan salah satu hobi yang menurut sy sangat mengasikkan. tenggelam dalam dunia sendiri, belajar untuk berfikir jauh.....jauh soalnya semua yang ada dalam buku murni tulisan, jadi kitanya yang harus pandai-pandai menginterpretasilan isi dari bahan bacaan (Duh kayaknya serius banget nih)

Jadi inget masa kecil dulu sempet dianggap temen-temen dan keluarga aneh karena terlalu over dalam membaca. Bukan kutu buku lagi kayakya, dah nyampe ke taraf uyut nya si kutu he....3x. Jaman babeh S2 taun 90 an awal dulu klo pulang ke rumah (Soalnya S2 nya jauh bo) bawaannya selalu buku ma cd komputer. Bayangin......, dikala anak-anak lain mainannya tamiya, trus nitendo- nitendoan, sega and so on and so on (niru bahasanya cak nun nih)- buat ngiler aja-, ini malah dibeliin 100 tokohnya H. Hart, dialog dengan jin muslim, kumpulan cerita rakyat. he....3x yang nyambung gak ya ma pikiran anak SD. Tapi gak papa resiko punya orang tua dosen ya......gitu deh. Mpe akhirnya pernah ketiban mimpi buruk 3 hari gara-gara habis baca dialog dengan jin muslim ketakutan. Duh....

Pengalaman lain yang unik waktu kecil adalah waktu susumputan ma orang tua gara-gara ga boleh baca bacaan orang dewasa kayak Kho ping hoo, wiro sableng cs. yang katanya waktu itu penuh dengan bahasa yang kurang baik. Bulan puasa ngakunya tidur seharian di kamar karna lemes, brenti cuman buat solat aja, padahal sudah siap dengan amunisi buku yang bertumpuk. Jadi anak baik depan orang tua, jam 7-8 malem dah tidur padahal maksudnya biar bangun jam 12 mpe subuh buat ngelanjutin petualangan para pandawa waktu terusir dalam kisah Bale si gala-gala. he...3x.Dan hasilnya......kacamata minus 1.5 saya dapatkan waktu kelas 4 SD, gara-gara ga jelas nonton olympiade '92 di TV.

Pulang sekolah SMP, dah agak gede waktu itu.... gak pernah langsung pulang. ngakunya belajar tambahan di sekolah dsb, ikut eskul dll (untung jamannya belum ada henpon ya, baru ada telpon rumah) padahal mojok di salah satu tempat nongkrong paling gaul sepanjang masa... Public Library alias perpustakaan umum kota yang letaknya gak jauh dari sekolahan. Dan yang lebih parah pernah keasyikan pernah mpe ga kebagian angkot, akhirnya nyampe rumah dah malem banget...kena marah deh.

Beberapa tahun kemudian...........(kayak cerita silat aja...:-p)
Waktu pulang kemaren...agak takjub juga nih ternyata harta karun pada waktu SD & SMP masih ada dan lengkap. Mulai dari wiro sableng yang jumlahnya ratusan buku yang gak tamat gara-gara pengarangnya wafat (Bastian Tito I Miss U), Kho Ping Hoo sekian judul, Buku-buku wayang (all my favourite Book) Ramayana, Mahabaratha, Baratayudha, Pustakaraja Purwa, Disney Knowledge, Ensiklopedia-ensiklopedia aneh dan jadul berapa rak ya serta masih banyak lagi buku-buku masa kecil dan pra remaja masih tersimpan rapih di kamar yang lebih mirip kayak ruangan kerja profesor itu. "mmmmm very nostalgic moment."

"membaca bagi sebagian orang mungkin merupakan kebiasaan yang sulit di tumbuhkan. Saya pernah liat di sebuah pertemuan, seorang trainer "Reza Syarief" pernah berkata indeks baca orang jepang 55, amerika 35, malaysia tetangga kita 15 dan anda tau indonesia 0.08. Bayangkan 8 judul buku per seratus ribu orang per tahun. Duh sedih euy.". Gak papa, mudah-mudahan dengan banyaknya ebook sekarang indeks baca terus meningkat. Amin...(keren euy optimis)

Berbeda dengan dulu yang kayaknya butuh perjuangan yang beraaaaaaaa..............t banget ma aneh buat baca, Sekarang dah ada E Book. Jadi klo lg jalan ato lagi di luar rumah ga perlu lagi bawa buku yang tebel-tebel. tinggal buka My Lovely Pocket PC (He....3x Pamer Nih) di sana sudah tersimpan ratusan buku di dalemnya, (Edun euy dasar teknologi), termasuk bahan bahan kuliah buat ngajar, daftar nilai mahasiswa dsb. Tapi pertanyaan utamanya. kenapa saya lebih memilih pocket PC, soalnya klo laptop berat and capek bawanya (HE....3x alasan, bilang aja gak punya duit buat beli laptop yang bagus). Terus-terang teknologi seperti itu sangatmembantu dalam pekerjaan.
Lebih senengnya lagi, di kantor temen-temen dosen rata-rata
orang-orang yang suka baca, Jadi kalo ada konflik ma orang trus ada orang yang rese gitu , paling kita bilang "Mudah-mudahan orang itu lebih banyak baca". Sayang, klo orang salah gara-gara kurang pengetahuan. He....3x (kayak yang sendirinya bagus aja....:-p)

So....Mudah-mudahan kebiasaan membaca ini bisa terus dilakukan, doain ya. Hidup baca mari baca dan teruslah membaca.....Amin. (asal jangan baca yang aneh-aneh aja ...:-p)
Wassalam

Tidak ada komentar: